Catatan Sarjana

Hanya sebuah catatan yang dicari orang

Mengatasi Laptop Tidak Bisa Hidup Tanpa Charger

Mengatasi laptop tidak bisa hidup tanpa charger. Pernahkah Anda mengalami suatu peristiwa di mana laptop tidak bisa hidup jika tidak berada di dalam kotak atau, dengan kata lain, pengisi daya harus selalu dicolokkan ke laptop? Laptop yang tidak menyala tanpa charger sebenarnya sering terjadi pada laptop yang telah digunakan sejak lama, sehingga karena usia pemakaian, ini menunjukkan bahwa ada kerusakan pada komponen-komponen laptop. Karena itu, kita harus memverifikasi jika masalah laptop mati tiba-tiba ketika pengisi daya dilepas, itu terjadi pada kita.

Mengatasi laptop tidak bisa hidup tanpa charger

Mengatasi laptop tidak bisa hidup tanpa charger

Terkadang kita berpikir bahwa laptop yang tidak ingin hidup terjadi karena baterai laptop kosong atau kosong. Tetapi jika laptop menyala, laptop tidak menyala, maka kami mengisi baterai laptop dan, setelah baterai penuh, pengisi daya dilepas, laptop langsung mati, maka kita harus melakukan hal-hal tertentu seperti :

Mengatasi laptop tidak bisa hidup tanpa charger

  1. Laptop berfungsi normal tanpa pemblokiran atau kesalahan.
    Pastikan proses pengisian berjalan dan tidak ada peringatan bahwa itu tidak memuat Lihat apakah baterai bisa 100% penuh
  2. Setelah menyalakan dan memasuki Windows, jika pengisi daya dilepas, laptop langsung mati, seolah-olah tidak ada baterai.
  3. Dan lihat apakah laptop tidak dapat hidup tanpa charger Jadi apa yang harus kita lakukan jika laptop tidak dapat hidup tanpa charger?

Karena itu, kali ini kami akan mencoba memberikan saran untuk menangani laptop yang tidak ingin hidup jika mereka tidak di rumah. Langkah-langkah yang akan kami bagikan adalah yang termudah yang dapat kami ikuti untuk mengetahui bahwa laptop tidak menyala tanpa menggunakan pengisi daya. Jadi, jika kerusakan pada komponen laptop termasuk dalam bagian pengganti, kita harus mempercayakannya kepada mereka yang ahli di bidangnya. Mari kita simak ulasan tentang cara memperbaiki laptop yang tiba-tiba mati ketika pengisi daya sepenuhnya dilepas di bawah ini.

Jika kita mengalami masalah mengatasi laptop tidak bisa hidup tanpa charger, laptop mati ketika pengisi daya dicabut, maka yang perlu kita verifikasi meliputi:

Laptop tidak dapat dihidupkan tanpa charger

1. Periksa pengisi daya laptop

Jika kami ingin mengetahui mengapa laptop tidak menyala tanpa menggunakan pengisi daya, pastikan terlebih dahulu jika lampu indikator laptop diam atau berkedip. Ada sejumlah pengisi daya yang mungkin tidak kompatibel dengan laptop yang ditandai dengan lampu berkedip. Untuk itu coba ganti dengan charger lain atau beli yang baru.

Lihatlah voltase output, pastikan voltase antara laptop dan charger harus sama. Ini karena perbedaan voltase dapat memengaruhi durasi pengisian daya dan kinerja laptop.
Tegangan pengisi daya yang lebih rendah akan mengisi baterai laptop lama dan memungkinkan layar laptop berkedip.

2. Periksa baterai laptop

Setelah memastikan pengisi daya dalam kondisi baik, langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah baterai laptop. Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:

Cobalah untuk mengisi baterai laptop 100% dan kemudian hubungkan ke laptop lain yang masih seri. Setelah itu, lihat apakah laptop lain dapat hidup dengan baterai laptop kami dan pertimbangkan kondisi persentase baterai, apakah baterai cepat habis atau bertahan lama.

Jika saat menggunakan baterai yang kita miliki, laptop lain masih dalam kondisi normal, maka ada kemungkinan laptop tersebut akan mati jika tidak, sedangkan di rumah-rumah itu disebabkan kerusakan pada komponen laptop. Namun, jika laptop aktif tetapi persentase baterai habis dengan cepat, maka laptop mati. Kemudian masalah terjadi dengan baterai laptop kita. Baterai mungkin sudah lama tidak disimpan. Maka harus diganti dengan yang baru.

Baca Artikel : Apakah Jadi Youtuber Itu Mudah?

Akan tetapi jika kita sudah mengganti dengan baterai yang baru namun masalah laptop tidak mau hidup padahal baterai bisa dicharge sampai penuh / full 100% maka terdapat kemungkinan pada power management yang error. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah saat charger dilepas laptop langsung mati tersebut, kita perlu melakukan beberapa hal diantaranya :

  1. Reset baterai tekan power 5 detik dan lepaskan.
  2. Jika belum berhasil, coba cas baterai hingga lampu indikator menunjukan penuh dengan tidak menutup laptop atau dalam keadaan terbuka tanpa dilipat.
  3. Setelah itu nyalakan laptop tanpa melepas charger.
  4. Apabila laptop sudah dalam kondisi menyala selama beberapa menit lalu cabut charger dari listrik dan biarkan sampai baterai habis dan laptop mati dengan sendirinya.
  5. Kemudian charge laptop kembali hingga baterai terisi penuh dengan keadaan laptop mati tanpa melipat monitor.
  6. Setelah baterai penuh hidupkan laptop kembali dengan menekan tombol power beberapa saat lalu lepaskan.

Related Post

Catatan Sarjana